PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (PENYUSUNAN RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Endah Yanuarti

Abstract


Abstrak
Penelitian Tindakan Sekolah ini merupakan hasil pengalaman penulis, saat bulan Agustus
yang lalu diadakan akreditasi di SMK Muhammadiyah Tepus, pada kenyataannya
ada beberapa guru yang dalam penyusunan RPP masih kurang memenuhi tata cara
penyusunan RPP yang baik. Sehingga adanya penelitian ini bertujuan meningkatkan
kompetensi pedagogik guru dalam penyusunan RPP melalui supervisi akademik di SMK
Muhammadiyah Tepus. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini, hanya dilakukan di SMK
Muhammadiyah Tepus dan untuk 5 orang guru yang memiliki latar belakang pendidikan
non keguruan dan masa mengajar belum ada 2 tahun serta belum pernah ikut dalam
pelatihan penyusunan RPP. Penyusunan Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan dalam
tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dan refleksi, dan dilakukan minimal
dalam dua siklus. Langkah-langkah PTS yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Melihat data perolehan hasil dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah
ini, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik berhasil meningkatkan kompetensi
pedagogik mereka dalam menyusun Perencanaan Pembelajaran.
Kata kunci : Guru, Kompetensi pedagogik, Supervi


Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan Nasional.

Direktorat Jenderal Peningkatan

Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Pedoman Pelaksanaan

Penilaian Kinerja Guru (PK

Guru). Jakarta. bermutuprofesi.org

Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen

Peningkatan Mutu Pendidikan

dan Tenaga Kependidikan. Depdiknas.

Metode dan Teknik

Supervisi. Jakarta.

Supardi. 2005. Penyusunan Usulan,

dan Laporan Penelitian Penelitian

Tindakan Kelas, Makalah

disampaikan pada “Diklat Pengembangan

Profesi Widyaiswara”,

Ditektorat Tenaga Pendidik dan

Kependidikan Dirjen Pendidikan

Dasar dan Menengah, Departemen

Pendidikan Nasional.

Gitosudarmo, Indriyo & Sudita.2000,

Perilaku Keorganisasian, BPFE,

Jogjakarta.

Suharsimi, Suhardjono dan Supardi.

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta : PT Bumi Aksara

Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian

Tindakan Kelas, Makalah pada

Pendidikan dan Pelatihan (TOT)

Pengembangan Profesi bagi Jabatan

Fungsionla Guru, 11-20

Juli 2002 di Balai penataran Guru

(BPG) Semarang.

Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian

Eksperimen dan Penelitian

Tindakan Kelas sebagai KTI,

makalah pada Pelatihan Peningkatan

Mutu Guru di LPMP

Makasar,Maret2005

Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang

PTK dan PTS, naskah buku.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian

Tindakan Kelas, Makalah pada-

Pendidikan dan Pelatihan (TOT)

Pengembangan Profesi bagi Jabatan

Fungsionla Guru, 11-20

Juli 2002 di Balai penataran Guru

(BPG) Semarang.

Suharsimi, Suhardjono dan Supardi.

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta : PT Bumi Aksara

https://akhmadsudrajat.wordpress.

com2011/03/04/konsep-supervisiakademik/

http://nazama.blogspot.co.id/2012/12/

mutu-pendidikan-dan-upaya-peningkatannya.

html

https://akhmadsudrajat.wordpress.

com/2012/01/29/kompetensipedagogilk-

guru/




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.82

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF - 1275 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic