PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (PENYUSUNAN RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK
Abstract
Abstrak
Penelitian Tindakan Sekolah ini merupakan hasil pengalaman penulis, saat bulan Agustus
yang lalu diadakan akreditasi di SMK Muhammadiyah Tepus, pada kenyataannya
ada beberapa guru yang dalam penyusunan RPP masih kurang memenuhi tata cara
penyusunan RPP yang baik. Sehingga adanya penelitian ini bertujuan meningkatkan
kompetensi pedagogik guru dalam penyusunan RPP melalui supervisi akademik di SMK
Muhammadiyah Tepus. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini, hanya dilakukan di SMK
Muhammadiyah Tepus dan untuk 5 orang guru yang memiliki latar belakang pendidikan
non keguruan dan masa mengajar belum ada 2 tahun serta belum pernah ikut dalam
pelatihan penyusunan RPP. Penyusunan Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan dalam
tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dan refleksi, dan dilakukan minimal
dalam dua siklus. Langkah-langkah PTS yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Melihat data perolehan hasil dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah
ini, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik berhasil meningkatkan kompetensi
pedagogik mereka dalam menyusun Perencanaan Pembelajaran.
Kata kunci : Guru, Kompetensi pedagogik, Supervi
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Pendidikan Nasional.
Direktorat Jenderal Peningkatan
Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Pedoman Pelaksanaan
Penilaian Kinerja Guru (PK
Guru). Jakarta. bermutuprofesi.org
Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen
Peningkatan Mutu Pendidikan
dan Tenaga Kependidikan. Depdiknas.
Metode dan Teknik
Supervisi. Jakarta.
Supardi. 2005. Penyusunan Usulan,
dan Laporan Penelitian Penelitian
Tindakan Kelas, Makalah
disampaikan pada “Diklat Pengembangan
Profesi Widyaiswara”,
Ditektorat Tenaga Pendidik dan
Kependidikan Dirjen Pendidikan
Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
Gitosudarmo, Indriyo & Sudita.2000,
Perilaku Keorganisasian, BPFE,
Jogjakarta.
Suharsimi, Suhardjono dan Supardi.
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta : PT Bumi Aksara
Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian
Tindakan Kelas, Makalah pada
Pendidikan dan Pelatihan (TOT)
Pengembangan Profesi bagi Jabatan
Fungsionla Guru, 11-20
Juli 2002 di Balai penataran Guru
(BPG) Semarang.
Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian
Eksperimen dan Penelitian
Tindakan Kelas sebagai KTI,
makalah pada Pelatihan Peningkatan
Mutu Guru di LPMP
Makasar,Maret2005
Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang
PTK dan PTS, naskah buku.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian
Tindakan Kelas, Makalah pada-
Pendidikan dan Pelatihan (TOT)
Pengembangan Profesi bagi Jabatan
Fungsionla Guru, 11-20
Juli 2002 di Balai penataran Guru
(BPG) Semarang.
Suharsimi, Suhardjono dan Supardi.
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta : PT Bumi Aksara
https://akhmadsudrajat.wordpress.
com2011/03/04/konsep-supervisiakademik/
http://nazama.blogspot.co.id/2012/12/
mutu-pendidikan-dan-upaya-peningkatannya.
html
https://akhmadsudrajat.wordpress.
com/2012/01/29/kompetensipedagogilk-
guru/
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.82
Article Metrics
Abstract view : 172 timesPDF - 1275 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.