KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa
dengan menggunakan pendekatan penemuan terbimbing (discovery learning). Penelitian
ini merupakan Classroom ActionResearch, yaitu suatu proses pangkajian masalah
pembelajaran melalui refleksi diri dalam upaya memecahkan masalah dengan cara
melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata yang dikembangkan
oleh Kemmis dan Mc Tanggarts yang terdiri dari tiga komponen,yaitu: a) perencanaan
(planning), b) tindakan (acting) dan pengamatan (observing), c) refleksi (reflecting).
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran,
tes tertulis, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi,
metode tes, metode dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data
dengan menggunakan: analisis data kualitatif (reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan, dan triangulasi), analisis data kuantitatif (analisis hasil observasi, analisis
hasil tes, dan data catatan lapangan). Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan model
pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) dapat meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis siswa dilihat dari nilai rata-rata persentase keseluruhan indikator
kemampuan komunikasi pada pra tindakan 65,99, kemudian meningkat menjadi 72,80
pada siklus I dan meningkat menjadi 83,43 pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada
nilai siswa yang mencapai KKM ,dari pra tindakan sebesar 18,75% menjadi 65,625%
pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 84,375 pada siklus II untuk siswa kelas VIII
C SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2016-2017.
Kata kunci: Komunikasi Matematis, Penemuan terbimbing
Full Text:
PDFReferences
BSNP, (2006). Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional RI Nomor 22,
Tahun 2006, tentang Standar Isi
untuk Satuan Pendidikan Dasar
dan Menengah.
______, (2005). Peraturan Pemerintah
RI Nomor 19, Tahun 2005, tentang
Standar Nasional Pendidikan.
Effendy,O.U. (2004). Teori Komunikasi
dan Praktek. Bandung: Rosdakarya
Hamzah, B.Uno.(2011). Menjadi Peneliti
PTK yang Profesional. Jakarta:
Bumi Aksara
Wina Sanjaya, (2006). Strategi Pembelajaran.
Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.84
Article Metrics
Abstract view : 113 timesPDF - 223 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.