PENGGUNAAN MEDIA MINI BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Utari Utari

Abstract


Abstrak
Pembelajaran Bahasa Inggris masih bersifat konvensional dan cenderung kurang
melibatkan peserta didik. Guru cenderung tidak menggunakan media pembelajaran dan
metode pembelajaran tidak dikemas dengan menarik sehingga sering dianggap sulit dan
menimbulkan kebosanan pada peserta didik. Pembelajaran berpusat pada guru sehingga
peserta didik hanya menerima materi, menulis, dan mengikuti semua yang dilakukan
guru, akibatnya pembelajaran hanya bersifat verbalistik yang berakibat pada rendahnya
penguasaan kosakata peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan
kemampuan penguasaan kosakata peserta didik dengan menggunakan media mini book
di kelas IXA SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK. Metode yang digunakan adalah
metode penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Data
dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan deskriptif. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa melalui media mini book dapat meningkatkan penguasaan kosakata
pada peserta didik kelas IXA SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun ajaran 2016/2017.
Hasil penelitian pada siklus I, dari nilai rata-rata 80 meningkat menjadi 88 pada siklus
II. Peserta didik yang berhasil mencapai KKM pada siklus I adalah 61% dan meningkat
menjadi 83% pada siklus II. Peserta didik yang tuntas pada siklus I adalah 16 peserta
didik dan pada siklus II meningkat menjadi 19 peserta didik.
Keywords: Kosakata, Media Minibook, Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran.

Jakarta : PT. Raja Grafindo

Persada

Arikunto, Suharsini dkk. 2008. Penelitian

Tindakan Kelas Cetakan ke 6.

Jakarta: Bumi Aksara.

Hornby, (1995) http://www.scribd.

com/doc/8553045/Ilmu-Bahasa-

Linguistik

diakses pada tanggal 15 Agustus

Novi Emildadiany. 2008. Model Pembelajaran

Kooperatif (Cooperative

Learning) Teknik Jigsaw.://

akhmadsudrajat.wordpress.

com/2008/07/31/cooperativelearning-

teknik-jigsaw/. Diakses

pada tanggal 14 Januari 2016

Nunan, David. 199 1. Language Teaching

Methodology: A Textbook for

Teachers. London : Prentice Hall

International. (UK) Ltd.

Harmer, Jeremy, 1995. The Practice

of English Language Teaching:

Longman.

Kridalaksana, Harimurti. 1982. Fungsi

Bahasa dan Sikap Bahasa. Ende :

Nusa Indah.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian

dalam Pengajaran Bahasa dan

Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Rahman, Asfah. 2009. Media Pembelajaran.

Jakarta : PT. Raja Grafindo

Persada.

Sanjaya, Wina.2006. Strategi Pembelajaran.

Jakarta : Prenada Media

Group.

Tarigan, Henry Guntur. 1987. Teknik

Ketrampilan Pengajaran Bahasa.

Bandung : Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.86

Article Metrics

Abstract view : 310 times
PDF - 824 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic