PEMBELAJARAN AL QUR’AN-HADIS BERBASIS ACTIVE LEARNING DI MI MUHAMMADIYAH GRUBUG

Juminta Juminta

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar al Qur’an dan
Hadis dengan menggunakan model Active Learning tipe Card Sort siswa kelas VI MI
Muhammadiyah Grubug tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (action risearch). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan
metode observasi dan tes. Analisis data yang digunakanadalahanalisiskualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Active Learning
tipe Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar al Qur’an Hadis siswa kelas VI MI
Muhammadiyah Grubug Jatisarono Nanggulan Kulon Progo. Hal ini dapat dibuktikan,
dari hasil belajar sebagai berikut nilai rata-rata pratindakan 33,75. Kemudian nilai ratarata
pada siklus I adalah 75, dan rata-rata pada siklus II adalah 63,5. Nilai rata-rata siklus
I meningkat drastis jika dibanding pratindakan. Namun nilai rata-rata siklus II mengalami
penurunan dibanding dengan siklus I. Hal ini disebabkan karena cakupan materinya lebih
luas yakni materi siklus I ditambah materi siklus II, disamping waktu yang lebih sedikit.
Disamping peningkatan nilai rata-rata ini, pembelajaran juga terlihat lebih aktif. Hal ini
dapat disaksikan dari partisipasi siswa pada saat proses pembelajaran. Mereka saling
bantu untuk menyusun kartu potongan-potongan redaksi maupun arti hadis menjadi
susunan sebagaimana redaksi dan arti yang benar.
Kata Kunci: Active Learning, Card Sort, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Adnan, Muhammad, tt, Tafsir Al Qur’an

BahasaJawicetakanke 20, Bandung,

Al Ma’arif

A l Q a t t a n , M a n n a ’ K h a -

l i l , 2 0 0 9 , StudiIlmu-ilmu

Qur’anterjemahanMudzakir AS,

Jakarta: PustakaLiteraAntar Nusa

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur-

PeneleitianSuatuPendekatan-

Praktik, Jakarta, RinekaCipta

Bu Asih, 2016, Model Pembelajaran

Card Sort, diaksesdari

http://sdn2banarangemawang.kelasbuasih.

com/2016/03/model-pembelajaran-

card-sort.htmltgl 26

september 2016 jam 13.30

Hamruni, 2012, Strategi Dan Model-

Model PembelajaranAktif-Menyenangkan,

Yogyakarta, Investidaya

Shihab, M. Quraish, 1997, Mukjizat

Al Qur’an, Ditinjau dari Aspek

Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan

Pemberitaan Ghaib, Bandung, Mizan

Silberman, Mel, 2009, Active Learning,

StrategiPembelajaranAktifterjemahSarjulidkk,

Yogyakarta,

PustakaInsanMadani.

Syah, Muhibbin, 2011, PsikologiPendidikandenganPendekatanBaru,

Bandung, RemajaRosdakarya

PeraturanMenteri Agama no 912 tahun

tentangKurikulum 2013

Mata PelajaranPendidikan Agama

Islam danBahasa Arab.

Team Pengembang Kurikulum MI Muhammadiyah

Grubug, 2015, Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.87

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 789 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic