PEMBELAJARAN AL QUR’AN-HADIS BERBASIS ACTIVE LEARNING DI MI MUHAMMADIYAH GRUBUG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar al Qur’an dan
Hadis dengan menggunakan model Active Learning tipe Card Sort siswa kelas VI MI
Muhammadiyah Grubug tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (action risearch). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan
metode observasi dan tes. Analisis data yang digunakanadalahanalisiskualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Active Learning
tipe Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar al Qur’an Hadis siswa kelas VI MI
Muhammadiyah Grubug Jatisarono Nanggulan Kulon Progo. Hal ini dapat dibuktikan,
dari hasil belajar sebagai berikut nilai rata-rata pratindakan 33,75. Kemudian nilai ratarata
pada siklus I adalah 75, dan rata-rata pada siklus II adalah 63,5. Nilai rata-rata siklus
I meningkat drastis jika dibanding pratindakan. Namun nilai rata-rata siklus II mengalami
penurunan dibanding dengan siklus I. Hal ini disebabkan karena cakupan materinya lebih
luas yakni materi siklus I ditambah materi siklus II, disamping waktu yang lebih sedikit.
Disamping peningkatan nilai rata-rata ini, pembelajaran juga terlihat lebih aktif. Hal ini
dapat disaksikan dari partisipasi siswa pada saat proses pembelajaran. Mereka saling
bantu untuk menyusun kartu potongan-potongan redaksi maupun arti hadis menjadi
susunan sebagaimana redaksi dan arti yang benar.
Kata Kunci: Active Learning, Card Sort, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Adnan, Muhammad, tt, Tafsir Al Qur’an
BahasaJawicetakanke 20, Bandung,
Al Ma’arif
A l Q a t t a n , M a n n a ’ K h a -
l i l , 2 0 0 9 , StudiIlmu-ilmu
Qur’anterjemahanMudzakir AS,
Jakarta: PustakaLiteraAntar Nusa
Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur-
PeneleitianSuatuPendekatan-
Praktik, Jakarta, RinekaCipta
Bu Asih, 2016, Model Pembelajaran
Card Sort, diaksesdari
http://sdn2banarangemawang.kelasbuasih.
com/2016/03/model-pembelajaran-
card-sort.htmltgl 26
september 2016 jam 13.30
Hamruni, 2012, Strategi Dan Model-
Model PembelajaranAktif-Menyenangkan,
Yogyakarta, Investidaya
Shihab, M. Quraish, 1997, Mukjizat
Al Qur’an, Ditinjau dari Aspek
Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan
Pemberitaan Ghaib, Bandung, Mizan
Silberman, Mel, 2009, Active Learning,
StrategiPembelajaranAktifterjemahSarjulidkk,
Yogyakarta,
PustakaInsanMadani.
Syah, Muhibbin, 2011, PsikologiPendidikandenganPendekatanBaru,
Bandung, RemajaRosdakarya
PeraturanMenteri Agama no 912 tahun
tentangKurikulum 2013
Mata PelajaranPendidikan Agama
Islam danBahasa Arab.
Team Pengembang Kurikulum MI Muhammadiyah
Grubug, 2015, Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.87
Article Metrics
Abstract view : 85 timesPDF - 789 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.