PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ALISLAM MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SD MUHAMMADIYAH BRANJANG

Supriyanto Supriyanto

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Al-Islam siswa kelas V
Semester Ganjil SD Muhammadiyah Branjang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang beralamat
di Branjang, Ngawis, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Motivasi
belajar siswa diukur dari tingkat kesiapan, perhatian, dan keaktifan siswa. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan
data berupa dokumentasi, observasi, dan evaluasi. Data berasal dari studi dokumentasi,
hasil observasi, dan evaluasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada
Pendidikan Al-Islam selama pembelajaran yang dibuktikan dengan data kondisional
siswa yang semula sikapnya dinilai baik hanya ada 2 orang atau 14,3 %, sedangkan
pada perbaikan siklus I siswa yang bersikap baik menjadi 6 orang atau 42,9% dan pada
perbaikan siklus II siswa yang sikapnya sangat baik ada 1 orang atau 7,2%, yang sikapnya
baik ada 10 orang atau 71,4%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar Al-Islam
siswa kelas V Semester Ganjil SD Muhammadiyah Branjang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Selain itu dapat dilihat pula bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan dari tahap
kondisional hingga akhir kegiatan.
Kata kunci : Motivasi belajar, Cooperative Learning tipe Jigsaw, Al-Islam


Full Text:

PDF

References


Hamruni,2013. Pembelajaran Berbasis

Edutainment.UIN Sunan Kalijaga

Yogyakarta.

Silberman,Mel,2002. Active Learning.

Yogyakarta:YAPPENDIS

Silberman,Mel.2015. Active Learning.

Nuansa Cendekia

Slameto,2015. Belajar dan Faktor-

Faktor Yang Mempengaruhi.Rineka

Cipta.Jakarta.

http://www.belajarpsikologi.com/

pengertian-belajar-menurut-ahli, diakses

pada tanggal 5 September 2016

http://www.pengertian ahli.

com/2013/09/pengertian motivasimenurut-

para-ahli.html, diakses pada

tanggal 5 September 2016

http://www.motivasi2793.blogspot.

co.id/2013/12/pengertian motivasimenurut-

para-ahli.html, diakses pada

tanggal 5 September 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.88

Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF - 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic