MODEL PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF MUNIF CHATIB
Abstract
Abstrak
Latar belakang penelitian ini berangkat dari fakta bahwa sistem pendidikan di Indonesia
(pada umumnya) belum mampu menjadi solusi bagi keterbelakangan sosial dan moral
masyarakatnya. Salah satu solusi untuk memperbaiki degradasi moral yaitu melalui
model pendidikan yang manusiawi, pendidikan yang mengakomodir potensi kecerdasan
manusia yang bersifat jamak. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji model Pendidikan
Islam melalui pendekatan multiple intelligences yang dikembangkan oleh Munif Chatib.
Tulisan ini merupakan kajian pustaka, dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara
menganalisis buku-buku karangan Munif Chatib, wawancara, dan mengumpulkan data
dari sumber lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan ialah content analisys
dilanjutkan pada deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, konsep
pembelajaran berbasis Multiple Intelligences menurut Munif Chatib, secara global
meliputi tiga tahap, yaitu: input, proses dan output. Pada tahap input, menggunakan
Multiple Intelligences Research dalam penerimaan peserta didik baru. Tahapan yang
kedua adalah tahapan pada proses pembelajaran, dimana nantinya gaya mengajar gurunya
harus sama dengan gaya belajar peserta didik. Pada tahap output, pembelajaran berbasis
multiple intelligences penilaiannya menggunakan penilaian autentik. Kedua, pendidikan
berbasis kecerdasan jamak relevan diterapkan dalam pendidikan Islam baik yang bersifat
mikro maupun makro. Islam mempunyai konsep fitrah dalam hal mengembangkan potensi
manusia, dan konsep fitrah inilah yang harus dibimbing ke arah yang baik, salah satunya
dengan pendekatan multiple intelligences. Secara umum,metode yang dapat digunakan
pada pendidikan Islam (PAI) harus mengacu pada jenis kecerdasan peserta didik. Adapun
bentuk evaluasi dalam pembelajaran PAI yang sesuai dengan multiple intelligences yaitu
portofolio, penilaian selama proses belajar, dan soal tertulis.
Kata Kunci : Pendidikan Islam, Multiple Intelligences, Munif Chatib
Full Text:
PDFReferences
Adams, Nick. "Penerapan Model Pembelajaran
Inkuiri untuk Meningkatkan
Prestasi dalam Pembelajaran
IPS Materi Keragaman Budaya
di Indonesia pada Siswa SD Kelas
V SDN Cipagalo 1 Kabupaten
Bandung." Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, September
: 19.
Aprilea, Adha. http://tahubanyakmakintahu.
blogspot.co.id. Oktober
, 2015. http://tahubanyakmakintahu.
blogspot.co.id/2015/10/
ragam-kecerdasan-yang-luas.html
(accessed November 01, 2016).
Chatib, Munif. http://munifchatib.com
(accessed Desember 29, 2016).
—. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa,
, 2011.
—. Orangtuanya Manusia. Bandung:
Kaifa, 2012.
—. Sekolahnya Manusia. Bandung: PT.
Mizan Pustaka, 2012.
Eva Tri Wahyuni, Budiyono, Imam
Sujadi. "Eksperimentasi Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Heads Together (NHT)
dan Think Pair Share (TPS) Pada
Materi Pokok Trigonometri Ditinjau
dari Kecerdasan Emosional
Siswa SMK di Kota Madiun Tahun
Pelajaran 2013/2014." Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika
(Agustus 2014): 560.
Fadilah Nur Sugiyanto, Saiful Ridho,
Sumadi. "Penggunaan Penilaian
Autentik dalam Pembelajaran
Biologi dengan Inkuiri Terbimbing
dan Pengaruhnya Terhadap Hasil
Belajar Peserta Didik." Unnes
Journal of Biology Education 4
(Maret 2015): 305.
Muchsin, Bashori. Pendidikan Islam
Humanistik. Bandung: PT. Refika
Aditama, 2010.
Muhamad Yunus, Tri Hartiti Retnowati.
"Evaluasi Pelaksanaan Penilaian
Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika
SMP Negeri di Kabupaten
Lombok Tengah." Jurnal Evaluasi
Pendidikan 2 (2014): 173.
M u l y a s a , E . M e n j a d i G u r u
Profesional:Menciptakan Pembelajaran
Kreatif dan Menyenangkan.
Bandung: Remaja Rosdakarya,
Munif Cahtib, Alamsyah Said. Sekolah
Anak-Anak Juara. Bandung: PT.
Mizan Pustaka, 2012.
Munif Chatib, Irma Nurul Fatimah. Kelasnya
Manusia: Memaksimalkan
Fungsi Otak Belajar dengan Manajemen
Display Kelas . Bandung:
Kaifa, 2014.
Rianawati, Ida. http://idarianawaty.
blogspot.com/2011/02/teorikecerdasan-
majemuk-dan.html
(accessed November 01, 2016).
Sadulloh, Uyoh. Pedagogik. Bandung:
Alfabeta, 2011.
Setiawan, Aris. "Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Kenakalan Remaja
Di Desa Kapur Kecamatan Sungai
Raya Kabupaten Kubu Raya."
Sociodev 4 (September 2015): 10.
Susanto. "Guru Profesionalis dalam
Pandangan Islam." Jurnal Tribakti
(Januari 2010): 1.
www.quranterjemah.com. http://
quranterjemah.com/?mod=quran.
m u r o t a l . s h o w & g a n t i _
sura=1&sura_name=An%20
Nahl&aya=78#kata_16_78_1
(accessed November 01, 2016).
www.naqsda.com (accessed Desember
, 2016)
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.89
Article Metrics
Abstract view : 184 timesPDF - 507 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.