MODEL PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF MUNIF CHATIB

Anisa Dwi Makrufi

Abstract


Abstrak
Latar belakang penelitian ini berangkat dari fakta bahwa sistem pendidikan di Indonesia
(pada umumnya) belum mampu menjadi solusi bagi keterbelakangan sosial dan moral
masyarakatnya. Salah satu solusi untuk memperbaiki degradasi moral yaitu melalui
model pendidikan yang manusiawi, pendidikan yang mengakomodir potensi kecerdasan
manusia yang bersifat jamak. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji model Pendidikan
Islam melalui pendekatan multiple intelligences yang dikembangkan oleh Munif Chatib.
Tulisan ini merupakan kajian pustaka, dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara
menganalisis buku-buku karangan Munif Chatib, wawancara, dan mengumpulkan data
dari sumber lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan ialah content analisys
dilanjutkan pada deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, konsep
pembelajaran berbasis Multiple Intelligences menurut Munif Chatib, secara global
meliputi tiga tahap, yaitu: input, proses dan output. Pada tahap input, menggunakan
Multiple Intelligences Research dalam penerimaan peserta didik baru. Tahapan yang
kedua adalah tahapan pada proses pembelajaran, dimana nantinya gaya mengajar gurunya
harus sama dengan gaya belajar peserta didik. Pada tahap output, pembelajaran berbasis
multiple intelligences penilaiannya menggunakan penilaian autentik. Kedua, pendidikan
berbasis kecerdasan jamak relevan diterapkan dalam pendidikan Islam baik yang bersifat
mikro maupun makro. Islam mempunyai konsep fitrah dalam hal mengembangkan potensi
manusia, dan konsep fitrah inilah yang harus dibimbing ke arah yang baik, salah satunya
dengan pendekatan multiple intelligences. Secara umum,metode yang dapat digunakan
pada pendidikan Islam (PAI) harus mengacu pada jenis kecerdasan peserta didik. Adapun
bentuk evaluasi dalam pembelajaran PAI yang sesuai dengan multiple intelligences yaitu
portofolio, penilaian selama proses belajar, dan soal tertulis.
Kata Kunci : Pendidikan Islam, Multiple Intelligences, Munif Chatib


Full Text:

PDF

References


Adams, Nick. "Penerapan Model Pembelajaran

Inkuiri untuk Meningkatkan

Prestasi dalam Pembelajaran

IPS Materi Keragaman Budaya

di Indonesia pada Siswa SD Kelas

V SDN Cipagalo 1 Kabupaten

Bandung." Fakultas Keguruan

dan Ilmu Pendidikan, September

: 19.

Aprilea, Adha. http://tahubanyakmakintahu.

blogspot.co.id. Oktober

, 2015. http://tahubanyakmakintahu.

blogspot.co.id/2015/10/

ragam-kecerdasan-yang-luas.html

(accessed November 01, 2016).

Chatib, Munif. http://munifchatib.com

(accessed Desember 29, 2016).

—. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa,

, 2011.

—. Orangtuanya Manusia. Bandung:

Kaifa, 2012.

—. Sekolahnya Manusia. Bandung: PT.

Mizan Pustaka, 2012.

Eva Tri Wahyuni, Budiyono, Imam

Sujadi. "Eksperimentasi Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Numbered Heads Together (NHT)

dan Think Pair Share (TPS) Pada

Materi Pokok Trigonometri Ditinjau

dari Kecerdasan Emosional

Siswa SMK di Kota Madiun Tahun

Pelajaran 2013/2014." Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika

(Agustus 2014): 560.

Fadilah Nur Sugiyanto, Saiful Ridho,

Sumadi. "Penggunaan Penilaian

Autentik dalam Pembelajaran

Biologi dengan Inkuiri Terbimbing

dan Pengaruhnya Terhadap Hasil

Belajar Peserta Didik." Unnes

Journal of Biology Education 4

(Maret 2015): 305.

Muchsin, Bashori. Pendidikan Islam

Humanistik. Bandung: PT. Refika

Aditama, 2010.

Muhamad Yunus, Tri Hartiti Retnowati.

"Evaluasi Pelaksanaan Penilaian

Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika

SMP Negeri di Kabupaten

Lombok Tengah." Jurnal Evaluasi

Pendidikan 2 (2014): 173.

M u l y a s a , E . M e n j a d i G u r u

Profesional:Menciptakan Pembelajaran

Kreatif dan Menyenangkan.

Bandung: Remaja Rosdakarya,

Munif Cahtib, Alamsyah Said. Sekolah

Anak-Anak Juara. Bandung: PT.

Mizan Pustaka, 2012.

Munif Chatib, Irma Nurul Fatimah. Kelasnya

Manusia: Memaksimalkan

Fungsi Otak Belajar dengan Manajemen

Display Kelas . Bandung:

Kaifa, 2014.

Rianawati, Ida. http://idarianawaty.

blogspot.com/2011/02/teorikecerdasan-

majemuk-dan.html

(accessed November 01, 2016).

Sadulloh, Uyoh. Pedagogik. Bandung:

Alfabeta, 2011.

Setiawan, Aris. "Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Kenakalan Remaja

Di Desa Kapur Kecamatan Sungai

Raya Kabupaten Kubu Raya."

Sociodev 4 (September 2015): 10.

Susanto. "Guru Profesionalis dalam

Pandangan Islam." Jurnal Tribakti

(Januari 2010): 1.

www.quranterjemah.com. http://

quranterjemah.com/?mod=quran.

m u r o t a l . s h o w & g a n t i _

sura=1&sura_name=An%20

Nahl&aya=78#kata_16_78_1

(accessed November 01, 2016).

www.naqsda.com (accessed Desember

, 2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.89

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 507 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic