EFEKTIVITAS METODE ASOSIASI (METAS-Q) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Metode pengenalan huruf hijaiyah yang ada selama ini, belum ada yang secara khusus
diperuntukan bagi Anak Usia Dini (AUD). Huruf hijaiyah, bagi AUD adalah hal yang sangat asing karena pengenalan simbol sendiri masih pengenalan bahasa ibu. Hal tersebut menuntut target pengenalan “simbol asing” masih sebatas mempu mengidentifikasi bentuk dan bunyi dan menghapalnya. Sementara itu metode pengenalan huruf hijaiyah yang ada, menargetkan peserta didik mempu mengucapkannya secara benar. Target tersebut tepat bagi anak usia Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) tetapi terlalu tinggi
bagi AUD. Maka diperlukan metode yang menyenangkan yang mendekatkan materi pengenalan huruf hijaiyah dengan kehidupan sehari-hari anak. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penggunaan metode asosiasi (Metas-Q) dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah. Penelitian dilakukan dengan design Quasi experiment di PAUD Aisyiyah Kasihan Bantul, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan anak usia 3-4 tahun dalam mengenal huruf hijaiyah sebelum digunakan metode Asosiasi, adalah rata-rata mengenal 3 huruf hijaiyah. (2) Penggunaan metode Asosiasi terbukti efektif dalam mengenalkan huruf hijaiyah, terbukti dengan terdapat perbedaan signifikan pada rata-rata jumlah penguasaan huruf antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Efektifitas metode Asosiasi terdapat pada dua aspek yakni pada kecepatan anak dalam menguasai atau menghapal huruf dan motivasi yang ditunjukkan pada antusiasme anak dalam pembelajaran.
Kata kunci: Anak Usia Dini, Pengenalan Huruf, Metode Asosiasi (Metas-Q).
Full Text:
PDFReferences
DePorter, Bobbi. 2000.QuantumTeaching: Orchestrating Student Succes.
Allyn and Bacon.Boston Hasan, Maemunah. 2009.PAUD
(Pendidikan Anak Usia Dini) Yogyakarta.
Diva Press Kamus Besar Bahasa Indonesia V, Dalam Aplikasi Hand Phone
Ke m e n t r i a n P e n d i d i k a n d a n Kebudayaan.2015. Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD.
Direktorat Pembinaan PAUD Maryatun, Ika Budi.2011. PAUD dan Pemanfaatan Bahan Bekas untuk APE.
Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/tmp/Pemanfaatan Bahan Bekas.pdf. pada tanggal 17 Juni 2015. Jam 08.24 WIB
Mil ler, P.H.1993. Theories of Developmental Psychology.
New York Mustaqim, M.Pd. 2009.Psikologi Pendidikan
Patmonodewo, Soemiatri.2003.
Pendidikan Anak Pra-sekolah.nRineka Cipta. Jakarta
Permendikbud RI No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.2015.
Suplemen Materi Seminar Nasional Kurikulum PAUD Seefelt, Carol., & Barbara A. Wasik 2006. Pendidikan Anak Usia Dini.
(Alih bahasa: Pius Nesar). Jakarta. Indeks
Suyanto, Slamet.2003. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta
Suryabrata, Sumadi.1994. Psikologi Perkembangan. Rake Sarasin. Yogyakarta
Vos, Jeannette dan Gordon Dryden.1999, The Learning Revolution (terjemahan). Selandia Baru. The Learning Web
Woolfolk, Anita. 2009.
Educational Psychology: Active Learning Edition.Tenth edition. Boston Woollfolk, Anita. 1995. EducationalPsichology. Sixth edition. USA.
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i2.91
Article Metrics
Abstract view : 568 timesPDF - 480 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.