IMPLEMENTASI PAMERAN TUGAS AKHIR SEMESTER PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN SENI RUPA DAN KETERAMPILAN DI PRODI PGSD UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN SEBAGAI UPAYA PENYELANGGARAAN PENDIDIKAN KREATIF.

Fery Setyaningrum

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis proses dalam penyelenggaraan pameran tugas akhir seni rupa di Prodi PGSD UAD, (2) menganalisis dan mendeskripsikan cara mewujudkan pameran sebagai upaya penyelenggaraan pendidikan kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa PGSD UAD semester VI (enam) kelas E, F, G pada mata kuliah pendidikan seni rupa dan keterampilan. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi terkendali, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Pameran tugas ahir semester mata kuliah seni rupa dan keterampilan dapat dilakukan setelah pemahaman dasar kesenirupaan yang disampaikan dosen dalam perkuliahan telah dipahami dan dikuasai dengan bagus, begitu pula pengetahuan dasar-dasar keterampilan meliputi pengertian, prinsip, unsur, jenis, alat, bahan, media. Dengan dikuasainya dasar-dasar kesenirupaan, mahasiswa mampu
membuat karya seni rupa berbasis dua dimensi melalui penugasan membuat karya menggunakan media kering dan basah. 2) Implementasi pameran tugas akhir semester pada mata kuliah pendidikan seni rupa dan keterampilan, berdasarkan konsep pendidikan kreatif, ketercapaian keberhasilan pameran seni rupa di prodi PGSD UAD tahun 2017 pada semester genap, merupakan hasil dari “kualitas pendidikan” yang berpusat pada peserta didik. Mewujudkan Pameran Sebagai Upaya Penyelenggaraan Pendidikan Kreatif di Prodi PGSD UAD tidak terlepas dari pembelajaran mata kuliah pendidikan seni rupa dan keterampilan yang terbukti dapat meningkatkan nilai-nilai secara universal, yang menyeluruh. Pembelajaran pada mata kuliah pendidikan seni rupa dan keterampilan juga dilaksanakan dengan adil dan merata.


Full Text:

PDF

References


Lexy J. Moleong. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Rohidi, T R. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: CV

Cipta Prima Nusantara

Sunaryo, A. 2002. “Nirmana I”. Hand Out Jurusan Seni Rupa, FBS

UNNES Semarang : Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang.

Permas, Achsan. 2003. Manajemen Organisasi Pertunjukan. Jakarta:

PPM.

Susanto, Mikke. 2004. Menimbang Ruang Menata Rupa. Yogyakarta:

Galang Press.

UNESCO. 2006. Read Map for Arts Education The Word Conference

us Art Education: Building Creative Capacities for the 21st Century, Lisbon




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i2.95

Article Metrics

Abstract view : 428 times
PDF - 485 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic