METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN TARIKH

Asih Suprapti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Tarikh dengan menerapkan metode sosiodrama kelas IV SD Muhammadiyah Menguri. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart melalui dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Menguri yang berjumlah 13 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode sosiodrama, motivasi dan prestasi belajar tarikh mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Rata rata persentase motivasi belajar siswa pada prasiklus sebesar 51,28% meningkat menjadi 62,82% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 76,93%. Sedangkan prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siswa dari kemampuan awal sebesar 48,07 dengan jumlah 0 (0%) yang memenuhi KKM meningkat menjadi 76,54 dengan jumlah siswa 7 (53,84%) yang memenuhi KKM pada siklus I. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,15 dengan jumlah 10 siswa (76,92%) yang memenuhi KKM.


Full Text:

PDF

References


Basyirudin. 2002. Metodologi

Pembelajaran Agama Islam,

Jakarta: Ciputat Pres.

Hanafiah, Nanang. 2009. Konsep

Strategi Pembelajaran, Bandung:

Refika Aditama.

Purwanto, Ngalim. 2013. PrinsipPrinsip dan Tekhnik Evaluasi

Pengajaran, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sardiman. 1996. Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar, Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 1995. Pengantar

Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta:

PT. Raja Grafindo.

Sudjana. 1996. Metode Statistika,

Bandung: Tarsito.

Suryabrata, Sumardi. 2002. Psikologi

Pendidikan, Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2005. PSIKOLOGI

BELAJAR, Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi

Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Uno, Hamzah B. 2009. Teori Motivasi

dan Pengukurannya, Jakarta:

Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2012. Menjadi Peneliti

PTK yang Pofesional, Jakarta:

Bumi Aksara.

Zuhairini ,1983. Metodik Khusus

Pengajaran Agama Islam,Malang:

Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah

IAIN Sunan Ampel Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i2.97

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 640 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic