PENERAPAN STRATEGI FAKTA, OPINI, IMAJINASI, DAN SINOPSIS (FOIS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN

Retno Sumirat

Abstract


Artikelini membahas penerapanstrategiFakta, Opini, Imajinasi, dan Sinopsis (FOIS) pada pembelajaran menulis teks cerita pendek (cerpen).Penerapan strategi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dalam menulis cerpen.Hal ini berdasarkan temuan berbagai masalah dalam menulis cerpen, yang diantaranya adalah (1) metode yang digunakan guru monoton, (2) siswa mengalami kesulitan dalam menemukan ide dasar cerita; (3) sebagian besar dari mereka belum mengetahui teknik mudah menulis cerpen; (4) siswa juga kesulitan dalam menemukan pilihan kata yang tepat karena terbatasnya kosakata yang dimiliki; (5) ketika diberi tugas menulis cerpen, sebagian besar siswa menuliskan kembali cerpen yang sudah ada. Teknik memperoleh data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.Penerapan model pembelajaran FOIS dapat meningkatkan kemampuan siswa memproduksi cerpen jika dilihat dari tema, bahasa, isi, dan struktur. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan memproduksi cerpen siswa secara klasikal yaitu sebesar 89% dan mengalami peningkatan sebesar 5% sehingga pada siklus II menjadi 94% . Berdasarkan catatan hasil observasi dan pengamatan, siswa tidak hanyamengalami peningkatan dalam hasil belajar, tetapi juga pada motivasi belajarnya.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Tineka Cipta Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Madya, Suwarsih. 2007. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta Nurgiyantoro, Burhanudin. 1995. Pengkajian Fiksi. Bandung: Mizan

Sasanti, Niken Y. 2015. Pembelajaran Menulis Kreatif Cerpen dengan Media Artikel Koran.Jurnal Pendidikan .Volume 2 No.1 Th. II Januari-Juni 2015. Sayuti, Suminto A. 2009. Modul Pembelajaran Menulis Fiksi. Yogyakarta: FPBS UNY Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis, Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Gramedia

Wirjosutedjo, Muhammad Nurrachmat. 2014. Kemampuan SPeserta didik Menulis Cerita Pendek dengan Model FOIS di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Makalah Temu Ilmiah Tahun 2014 Ortipulang.blogspot.com.diunduh Jumat, 12 Agustus 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i2.98

Article Metrics

Abstract view : 345 times
PDF - 581 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic